Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka
Definisi Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dan para pemangku kepentingan.
Kegunaan Profil Pelajar Pancasila
- Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan
- Menjadi kompas bagi pendidik dan Pelajar Indonesia
- Tujuan akhir segala pembelajaran, program dan kegiatan di satuan pendidikan
Dimensi & Elemen Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi dan beberapa elemen di dalamnya.
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME diwujudkan dengan akhlak yang baik pada diri sendiri, sesama manusia, alam, dan negara Indonesia.
Berkebinekaan Global
Pelajar Pancasila harus dapat mengenal dan menghargai budaya, serta mampu berkomunikasi dan berinteraksi antar budaya. Mereka juga mampu berefleksi dan bertanggung jawab pada pengalaman kebinekaan dan berkeadilan sosial.
Mandiri
Pelajar Pancasila yang mandiri memiliki kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi, serta memiliki regulasi diri.
Bergotong Royong
Pelajar Pancasila melakukan gotong royong dengan melakukan kolaborasi, memiliki kepedulian tinggi, dan berbagi dengan sesama.
Bernalar Kritis
Pelajar Pancasila yang bernalar kritis menganalisa dan mengevaluasi semua informasi maupun gagasan yang diperoleh dengan baik. Mereka juga mampu mengevaluasi dan merefleksi penalaran dan pemikirannya sendiri.
Kreatif
Pelajar Pancasila yang kreatif adalah pelajar yang bisa menghasilkan gagasan, karya, dan tindakan yang orisinal. Mereka juga memiliki keluwesan dalam berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.
Karakteristik Profil Pelajar Pancasila Tiap Fase
Fase PAUD
Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Akhlak Beragama | Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa Mengenali adanya Tuhan melalui sifat-sifat-Nya Pemahaman Agama/ Kepercayaan Mengenali simbol-simbol dan ekspresi keagamaan yang konkrit Pelaksanaan Ritual Ibadah Mulai mencontoh kebiasaan pelaksanaan ibadah sesuai agama/kepercayaannya |
Akhlak Pribadi | Integritas Mulai membiasakan bersikap jujur dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual Membiasakan diri untuk membersihkan, merawat tubuh serta menjaga kesehatan dan keselamatan/keamanan diri dalam semua aktivitas kesehariannya |
Akhlak Kepada Manusia | Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal. Membiasakan mendengarkan pendapat temannya, baik itu sama ataupun berbeda dengan pendapat yang dimilikinya dan mengekspresikannya secara wajar. Berempati kepada orang lain Mengenali emosi, minat, dan kebutuhan orang-orang terdekat dan membiasakan meresponnya secara positif. |
Akhlak kepada Alam | Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi Mengenal berbagai ciptaan Tuhan Menjaga Lingkungan Alam Sekitar Membiasakan bersyukur atas karunia lingkungan alam sekitar dengan menjaga kebersihan dan merawat lingkungan alam sekitarnya. |
Akhlak Bernegara | Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia Mengenali hak dan tanggungjawabnya di rumah dan sekolah, serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME. |
Dimensi Berkebinekaan Global
Elemen | Karakteristik |
Mengenal dan menghargai budaya | Mendalami budaya dan identitas budaya Mengenali identitas diri dan kebiasaan-kebiasaan budaya dalam keluarga Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya Mengenali identitas orang lain dan kebiasaan-kebiasaannya Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya Membiasakan untuk menyayangi dan menghormati budaya-budaya yang berbeda dari dirinya. |
Komunikasi dan interaksi antar budaya | Berkomunikasi antar budaya Menggunakan berbagai macam cara yang bermakna untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran. Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif Menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan keluarga dan sekolah |
Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan | Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan Menunjukkan kesadaran untuk menerima teman yang berbeda budaya dengan bermain bersama. Menghilangkan stereotip dan prasangka Mengenali orang-orang di sekitarnya berdasarkan ciri-ciri atau atribut tertentu Menyelaraskan perbedaan budaya Mengetahui adanya budaya-budaya yang berbeda di lingkungan sekitar. |
Berkeadilan sosial | Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan Menjalin pertemanan tanpa memandang perbedaan diri dan temannya Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama Mulai berpartisipasi menentukan beberapa pilihan untuk keperluan bersama dalam lingkungan kecil Memahami peran individu dalam demokrasi Mulai mengenali keberadaan dan perannya dalam lingkungan keluarga dan sekolah |
Dimensi Bergotong-Royong
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Kolaborasi | Kerja sama Terbiasa bekerja bersama dalam melakukah kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang). Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama Menyimak informasi sederhana dan mengungkapkannya dalam bahasa lisan Saling-ketergantungan positif Mengenali dan menyampaikan kebutuhan-kebutuhan diri sendiri dan orang lain Koordinasi Sosial Melaksanakan aktivitas bermain sesuai dengan kesepakatan bersama dan saling mengingatkan adanya kesepakatan tersebut. |
Kepedulian | Tanggap terhadap lingkungan Sosial Mulai mengenali dan mengapresiasi orang-orang di rumah dan sekolah, untuk merespon kebutuhan di rumah dan sekolah. Persepsi sosial Mengenali berbagai reaksi orang lain di lingkungan sekitar. |
Berbagi | Mulai membiasakan untuk berbagi kepada orangorang di sekitar. |
Dimensi Mandiri
Elemen | Karakteristik |
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi | Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi Mengenali kemampuan dan minat/kesukaan diri serta menerima keberadaaan dan keunikan diri sendiri Mengembangkan refleksi diri Menceritakan pengalaman belajarnya di rumah maupun di sekolah. |
Regulasi diri | Regulasi emosi Mengenali emosi-emosi yang dirasakan dan situasi yang menyebabkan-nya, serta mulai belajar mengeskpresikan emosi secara wajar Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya Menceritakan aktivitas yang akan dilakukan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri Mencoba mengerjakan berbagai tugas sederhana dengan pengawasan dan dukungan orang dewasa Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri Mengatur diri agar dapat menyelesaikan kegiatannya hingga tuntas. Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif Berani mencoba, adaptif dalam situasi baru, dan mencoba untuk tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan |
Dimensi Bernalar Kritis
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan Bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya. Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengidentifikasi dan mengolah informasi dan gagasan sederhana. |
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya | Menyebutkan alasan dari pilihan atau keputusannya |
Refleksi pemikiran dan proses berfikir | Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri Menyampaikan apa yang dipikirkan dengan singkat |
Dimensi Kreatif
Elemen | Karakteristik |
Menghasilkan gagasan yang orisinal | Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan sederhana dan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya. |
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal | Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan sederhana serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan |
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan | Menentukan pilihan dari beberapa alternatif yang diberikan |
Fase A (Kelas 1 - 2)
Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Elemen | Karakteristik |
Akhlak Beragama | Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa Mengenali sifat-sifat utama Tuhan bahwa Ia Maha Esa dan Ia adalah Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan mengenali kebaikan dirinya sebagai cerminan sifat Tuhan Pemahaman Agama/ Kepercayaan Mengenali unsur-unsur utama agama/kepercayaan (ajaran, ritual keagamaan, kitab suci, dan orang suci/ utusan Tuhan YME). Pelaksanaan Ritual Ibadah Terbiasa melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama/kepercayaannya |
Akhlak Pribadi | Integritas Membiasakan bersikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual Memiliki rutinitas sederhana yang diatur secara mandiri dan dijalankan sehari-hari serta menjaga kesehatan dan keselamatan/keamanan diri dalam semua aktivitas kesehariannya. |
Akhlak Kepada Manusia | Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal, serta memberikan respon secara positif. Berempati kepada orang lain Mengidentifikasi emosi, minat dan kebutuhan orang-orang terdekat dan meresponnya secara positif. |
Akhlak kepada Alam | Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan Menjaga Lingkungan Alam Sekitar Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya |
Akhlak Bernegara | Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia Mengidentifikasi hak dan tanggung jawabnya di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME. |
Dimensi Berkebinekaan Global
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Mengenal dan menghargai budaya | Mendalami budaya dan identitas budaya Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa macam kelompok di lingkungan sekitarnya Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya Mendeskripsikan pengalaman dan pemahaman hidup bersama-sama dalam kemajemukan. |
Komunikasi dan interaksi antar budaya | Berkomunikasi antar budaya Mengenali bahwa diri dan orang lain menggunakan kata, gambar, dan bahasa tubuh yang dapat memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan mendengarkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya dalam lingkungan keluarga dan sekolah |
Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan | Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan budaya di lingkungan sekolah dan rumah Menghilangkan stereotip dan prasangka mengenali perbedaan tiap orang atau kelompok dan menganggapnya sebagai kewajaran Menyelaraskan perbedaan budaya Mengidentifikasi perbedaan-perbedaan budaya yang konkrit di lingkungan sekitar |
Berkeadilan sosial | Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan Menjalin pertemanan tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, jenis kelamin, dan perbedaan lainnya, dan mengenal masalah-masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan di lingkungan sekitarnya Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama Mengidentifikasi pilihan-pilihan berdasarkan kebutuhan dirinya dan orang lain ketika membuat keputusan Memahami peran individu dalam demokrasi Mengidentifikasi peran, hak dan kewajiban warga dalam masyarakat demokratis |
Dimensi Bergotong-Royong
Elemen | Karakteristik |
Kolaborasi | Kerja sama Menerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama. Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama Memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain menggunakan kata-katanya sendiri. Saling-ketergantungan positif Mengenali kebutuhan-kebutuhan diri sendiri yang memerlukan orang lain dalam pemenuhannya. Koordinasi Sosial Melaksanakan aktivitas kelompok sesuai dengan kesepakatan bersama dengan bimbingan, dan saling mengingatkan adanya kesepakatan tersebut. |
Kepedulian | Tanggap terhadap lingkungan Sosial Peka dan mengapresiasi orang-orang di lingkungan sekitar, kemudian melakukan tindakan sederhana untuk mengungkapkannya. Persepsi sosial Mengenali berbagai reaksi orang lain di lingkungan sekitar dan penyebabnya. |
Berbagi | Memberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar. |
Dimensi Mandiri
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi | Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektif Mengembangkan refleksi diri Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta prestasi dirinya. |
Regulasi diri | Regulasi emosi Mengidentifikasi perbedaan emosi yang dirasakannya dan situasi-situasi yang menyebabkan-nya; serta mengekspresi-kan secara wajar Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya Menetapkan target belajar dan merencanakan waktu dan tindakan belajar yang akan dilakukannya. Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri dibawah pengawasan dan dukungan orang dewasa Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri Melaksanakan kegiatan belajar di kelas dan menyelesaikan tugas-tugas dalam waktu yang telah disepakati. Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif Berani mencoba dan adaptif menghadapi situasi baru serta bertahan mengerjakan tugas-tugas yang disepakati hingga tuntas |
Dimensi Bernalar Kritis
Elemen | Karakteristik |
Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya. Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengidentifikasi dan mengolah informasi dan gagasan |
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya | Melakukan penalaran konkrit dan memberikan alasan dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan |
Refleksi pemikiran dan proses berfikir | Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri Menyampaikan apa yang sedang dipikirkan secara terperinci |
Dimensi Kreatif
Elemen | Karakteristik |
Menghasilkan gagasan yang orisinal | Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya. |
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal | Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan |
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan | Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan. |
Fase B (Kelas 3 - 4)
Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Akhlak Beragama | Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa Memahami sifat-sifat Tuhan utama lainnya dan mengaitkan sifatsifat tersebut dengan konsep dirinya dan ciptaan-Nya Pemahaman Agama/ Kepercayaan Mengenali unsur-unsur utama agama/kepercayaan (simbol-simbol keagamaan dan sejarah agama/ kepercayaan) Pelaksanaan Ritual Ibadah Terbiasa melaksanakan ibadah wajib sesuai tuntunan agama/kepercayaannya |
Akhlak Pribadi | Integritas Membiasakan melakukan refleksi tentang pentingnya bersikap jujur dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual Mulai membiasakan diri untuk disiplin, rapi, membersihkan dan merawat tubuh, menjaga tingkah laku dan perkataan dalam semua aktivitas kesehariannya |
Akhlak Kepada Manusia | Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan Terbiasa mengidentifikasi hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal serta memberikan respon secara positif. Berempati kepada orang lain Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat |
Akhlak kepada Alam | Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi Memahami keterhubungan antara satu ciptaan dengan ciptaan Tuhan yang lainnya Menjaga Lingkungan Alam Sekitar Terbiasa memahami tindakan-tindakan yang ramah dan tidak ramah lingkungan serta membiasakan diri untuk berperilaku ramah lingkungan |
Akhlak Bernegara | Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia Mengidentifikasi hak dan tanggung jawab orang-orang di sekitarnya serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME. |
Dimensi Berkebinekaan Global
Elemen | Karakteristik |
Mengenal dan menghargai budaya | Mendalami budaya dan identitas budaya Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan berbagai macam kelompok di lingkungan sekitarnya, serta cara orang lain berperilaku dan berkomunikasi dengannya. Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya Mengidentifikasi dan membandingkan praktik keseharian diri dan budayanya dengan orang lain di tempat dan waktu/era yang berbeda. Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya Memahami bahwa kemajemukan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru. |
Komunikasi dan interaksi antar budaya | Berkomunikasi antar budaya Mendeskripsikan penggunaan kata, tulisan dan bahasa tubuh yang memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya dan dalam suatu budaya tertentu. Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan dapat mengidentifikasi sudut pandang orang lain. Mendengarkan dan membayangkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya pada situasi di ranah sekolah, keluarga, dan lingkungan sekitar. |
Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan | Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan budaya di lingkungan sekitar. Menghilangkan stereotip dan prasangka Mengkonfirmasi dan mengklarifikasi stereotip dan prasangka yang dimilikinya tentang orang atau kelompokdi sekitarnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik Menyelaraskan perbedaan budaya Mengenali bahwa perbedaan budaya mempengaruhi pemahaman antarindividu. |
Berkeadilan sosial | Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan Mengidentifikasi cara berkontribusi terhadap lingkungan sekolah, rumah dan lingkungan sekitarnya yang inklusif, adil dan berkelanjutan Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama Berpartisipasi menentukan beberapa pilihan untuk keperluan bersama berdasarkan kriteria sederhana Memahami peran individu dalam demokrasi Memahami konsep hak dan kewajiban, serta implikasinya terhadap perilakunya. |
Dimensi Bergotong-Royong
Elemen | Karakteristik |
Kolaborasi | Kerja sama Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok. Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama Memahami informasi yang disampaikan (ungkapan pikiran, perasaan, dan keprihatinan) orang lain dan menyampaikan informasi secara akurat menggunakan berbagai simbol dan media Saling-ketergantungan positif Menyadari bahwa setiap orang membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya dan perlunya saling membantu Koordinasi Sosial Menyadari bahwa dirinya memiliki peran yang berbeda dengan orang lain/temannya, serta mengetahui konsekuensi perannya terhadap ketercapaian tujuan. |
Kepedulian | Tanggap terhadap lingkungan Sosial Peka dan mengapresiasi orang-orang di lingkungan sekitar, kemudian melakukan tindakan untuk menjaga keselarasan dalam berelasi dengan orang lain. Persepsi sosial Memahami berbagai alasan orang lain menampilkan respon tertentu |
Berbagi | Memberi dan menerima hal yang dianggap penting dan berharga kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar baik yang dikenal maupun tidak dikenal. |
Dimensi Mandiri
Elemen | Karakteristik |
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi | Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi Mengidentifikasi kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya serta tantangan yang dihadapi berdasarkan kejadian-kejadian yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari. Mengembangkan refleksi diri Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan prestasi dirinya, serta situasi yang dapat mendukung dan menghambat pembelajaran dan pengembangan dirinya |
Regulasi diri | Regulasi emosi Mengetahui adanya pengaruh orang lain, situasi, dan peristiwa yang terjadi terhadap emosi yang dirasakannya; serta berupaya untuk mengekspresikan emosi secara tepat dengan mempertimbangkan perasaan dan kebutuhan orang lain disekitarnya Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya Menjelaskan pentingnya memiliki tujuan dan berkomitmen dalam mencapainya serta mengeksplorasi langkah-langkah yang sesuai untuk mencapainya Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri Mempertimbangkan, memilih dan mengadopsi berbagai strategi dan mengidentifikasi sumber bantuan yang diperlukan serta berinisiatif menjalankannya untuk mendapatkan hasil belajar yang diinginkan. Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri Menjelaskan pentingnya mengatur diri secara mandiri dan mulai menjalankan kegiatan dan tugas yang telah sepakati secara mandiri Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif Tetap bertahan mengerjakan tugas ketika dihadapkan dengan tantangan dan berusaha menyesuaikan strateginya ketika upaya sebelumnya tidak berhasil. |
Dimensi Bernalar Kritis
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dan mengkonfirmasi pemahaman terhadap suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya. Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan dan memilih informasi dan gagasan dari berbagai sumber. |
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya | Menjelaskan alasan yang relevan dalam penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan |
Refleksi pemikiran dan proses berfikir | Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri Menyampaikan apa yang sedang dipikirkan dan menjelaskan alasan dari hal yang dipikirkan |
Dimensi Kreatif
Elemen | Karakteristik |
Menghasilkan gagasan yang orisinal | Memunculkan gagasan imajinatif baru yang bermakna dari beberapa gagasan yang berbeda sebagai ekspresi pikiran dan/atau perasaannya. |
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal | Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan |
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan | Membandingkan gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan. |
Fase C (Kelas 5 - 6)
Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Elemen | Karakteristik |
Akhlak Beragama | Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa Memahami berbagai kualitas atau sifat-sifat Tuhan yang diutarakan dalam kitab suci agama masing-masing dan menghubungkan kualitas-kualitas positif Tuhan dengan sikap pribadinya, serta meyakini firman Tuhan sebagai kebenaran Pemahaman Agama/ Kepercayaan Memahami unsur-unsur utama agama/kepercayaan, dan mengenali peran agama/kepercayaan dalam kehidupan serta memahami ajaran moral agama. Pelaksanaan Ritual Ibadah Melaksanakan ibadah secara rutin sesuai dengan tuntunan agama/kepercayaan, berdoa mandiri, merayakan, dan memahami makna hari-hari besarnya |
Akhlak Pribadi | Integritas Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensi-konsekuensinya untuk diri sendiri Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual Memperhatikan kesehatan jasmani, mental, dan rohani dengan melakukan aktivitas fisik, sosial, dan ibadah. |
Akhlak Kepada Manusia | Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan Mengidentifikasi kesamaan dengan orang lain sebagai perekat hubungan sosial dan mewujudkannya dalam aktivitas kelompok. Mulai mengenal berbagai kemungkinan interpretasi dan cara pandang yang berbeda ketika dihadapkan dengan dilema. Berempati kepada orang lain Mulai memandang sesuatu dari perspektif orang lain serta mengidentifikasi kebaikan dan kelebihan orang sekitarnya. |
Akhlak kepada Alam | Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi Memahami konsep harmoni dan mengidentifikasi adanya saling ketergantungan antara berbagai ciptaan Tuhan Menjaga Lingkungan Alam Sekitar Mewujudkan rasa syukur dengan terbiasa berperilaku ramah lingkungan dan memahami akibat perbuatan tidak ramah lingkungan dalam lingkup kecil maupun besar. |
Akhlak Bernegara | Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia Mengidentifikasi dan memahami peran, hak, dan kewajiban dasar sebagai warga negara serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME dan secara sadar mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. |
Dimensi Berkebinekaan Global
Elemen | Karakteristik |
Mengenal dan menghargai budaya | Mendalami budaya dan identitas budaya Mengidentifikasi dan mendeskripsikan keragaman budaya di sekitarnya; serta menjelaskan peran budaya dan Bahasa dalam membentuk identitas dirinya. Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya Mendeskripsikan dan membandingkan pengetahuan, kepercayaan, dan praktik dari berbagai kelompok budaya. Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya Mengidentifikasi peluang dan tantangan yang muncul dari keragaman budaya di Indonesia. |
Komunikasi dan interaksi antar budaya | Berkomunikasi antar budaya Memahami persamaan dan perbedaan cara komunikasi baik di dalam maupun antar kelompok budaya. Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif Membandingkan beragam perspektif untuk memahami permasalahan sehari-hari. Membayangkan dan mendeskripsikan situasi komunitas yang berbeda dengan dirinya ke dalam situasi dirinya dalam konteks lokal dan regional. |
Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan | Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan Menjelaskan apa yang telah dipelajari dari interaksi dan pengalaman dirinya dalam lingkungan yang beragam. Menghilangkan stereotip dan prasangka Mengkonfirmasi dan mengklarifikasi stereotip dan prasangka yang dimilikinya tentang orang atau kelompok di sekitarnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik serta mengidentifikasi pengaruhnya terhadap individu dan kelompok di lingkungan sekitarnya Menyelaraskan perbedaan budaya Mencari titik temu nilai budaya yang beragam untuk menyelesaikan permasalahan bersama. |
Berkeadilan sosial | Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan Membandingkan beberapa tindakan dan praktik perbaikan lingkungan sekolah yang inklusif, adil, dan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan dampaknya secara jangka panjang terhadap manusia, alam, dan masyarakat Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama Berpartisipasi dalam menentukan kriteria yang disepakati bersama untuk menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama Memahami peran individu dalam demokrasi Memahami konsep hak dan kewajiban, serta implikasinya terhadap perilakunya. Menggunakan konsep ini untuk menjelaskan perilaku diri dan orang sekitarnya |
Dimensi Bergotong-Royong
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Kolaborasi | Kerja sama Menunjukkan ekspektasi (harapan) positif kepada orang lain dalam rangka mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar (sekolah dan rumah). Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama Memahami informasi dari berbagai sumber dan menyampaikan pesan menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif kepada orang lain untuk mencapai tujuan bersama Saling-ketergantungan positif Menyadari bahwa meskipun setiap orang memiliki otonominya masing-masing, setiap orang membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya. Koordinasi Sosial Menyelaraskan tindakannya sesuai dengan perannya dan mempertimbangkan peran orang lain untuk mencapai tujuan bersama. |
Kepedulian | Tanggap terhadap lingkungan Sosial Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan menjaga keselarasan dalam berelasi dengan orang lain. Persepsi sosial Menerapkan pengetahuan mengenai berbagai reaksi orang lain dan penyebabnya dalam konteks keluarga, sekolah, serta pertemanan dengan sebaya. |
Berbagi | Memberi dan menerima hal yang dianggap penting dan berharga kepada/dari orang-orang di lingkungan luas/masyarakat baik yang dikenal maupun tidak dikenal. |
Dimensi Mandiri
Elemen | Karakteristik |
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi | Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi Menggambarkan pengaruh kualitas dirinya terhadap pelaksanaan dan hasil belajar; serta mengidentifikasi kemampuan yang ingin dikembangkan dengan mempertimbangkan tantangan yang dihadapinya dan umpan balik dari orang dewasa Mengembangkan refleksi diri Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi faktor-faktor di dalam maupun di luar dirinya yang dapat mendukung/menghambatnya dalam belajar dan mengembangkan diri; serta mengidentifikasi cara-cara untuk mengatasi kekurangannya. |
Regulasi diri | Regulasi emosi Memahami perbedaan emosi yang dirasakan dan dampaknya terhadap proses belajar dan interaksinya dengan orang lain; serta mencoba cara-cara yang sesuai untuk mengelola emosi agar dapat menunjang aktivitas belajar dan interaksinya dengan orang lain. Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya Menilai faktor-faktor (kekuatan dan kelemahan) yang ada pada dirinya dalam upaya mencapai tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan dirinya serta mencoba berbagai strategi untuk mencapainya. Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta inisiatif untuk melakukannya dalam menunjang pembelajaran dan pengembangan dirinya Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri Mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan dalam mengelola diri dalam pelaksanaan aktivitas belajar dan pengembangan dirinya. Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif Menyusun, menyesuaikan, dan mengujicobakan berbagai strategi dan cara kerjanya untuk membantu dirinya dalam penyelesaian tugas yang menantang |
Dimensi Bernalar Kritis
Elemen | Karakteristik |
Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk membandingkan berbagai informasi dan untuk menambah pengetahuannya. Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan, dan memilih informasi dari berbagai sumber, serta memperjelas informasi dengan bimbingan orang dewasa. |
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya | Menjelaskan alasan yang relevan dan akurat dalam penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan |
Refleksi pemikiran dan proses berfikir | Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri Memberikan alasan dari hal yang dipikirkan, serta menyadari kemungkinan adanya bias pada pemikirannya sendiri |
Dimensi Kreatif
Elemen | Karakteristik |
Menghasilkan gagasan yang orisinal | Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya. |
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal | Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi dan mengkritik karya dan tindakan yang dihasilkan |
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan | berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan yang diambil tidak berhasil berdasarkan identifikasi terhadap situasi |
Fase D (Kelas 7 - 9)
Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Elemen | Karakteristik |
Akhlak Beragama | Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa Memahami kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dengan konsep peran manusia di bumi sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab. Pemahaman Agama/ Kepercayaan Memahami makna dan fungsi, unsur-unsur utama agama /kepercayaan dalam konteks Indonesia, membaca kitab suci, serta memahami ajaran agama/ kepercayaan terkait hubungan sesama manusia dan alam semesta. Pelaksanaan Ritual Ibadah Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri sesuai dengan tuntunan agama/kepercayaan, serta berpartisipasi pada perayaan hari-hari besarnya |
Akhlak Pribadi | Integritas Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensi-konsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lain Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual Mengidentifikasi pentingnya menjaga keseimbangan kesehatan jasmani, mental, dan rohani serta berupaya menyeimbangkan aktivitas fisik, sosial dan ibadah. |
Akhlak Kepada Manusia | Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan Mengenal perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau dikenalnya. Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan. Berempati kepada orang lain Memahami perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain yang tidak pernah dikenalnya. |
Akhlak kepada Alam | Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi Memahami konsep sebab-akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta. Menjaga Lingkungan Alam Sekitar Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut. |
Akhlak Bernegara | Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia Menganalisa peran, hak, dan kewajiban sebagai warga negara, memahami perlunya mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai wujud dari keimanannya kepada Tuhan YME. |
Dimensi Berkebinekaan Global
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Mengenal dan menghargai budaya | Mendalami budaya dan identitas budaya Menjelaskan perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks, baik dalam skala lokal, regional, dan nasional. Menjelaskan identitas diri yang terbentuk dari budaya bangsa. Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial. Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari-hari. |
Komunikasi dan interaksi antar budaya | Berkomunikasi antar budaya Mengeksplorasi pengaruh budaya terhadap penggunaan bahasa serta dapat mengenali risiko dalam berkomunikasi antar budaya. Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif Menjelaskan asumsi-asumsi yang mendasari perspektif tertentu. Membayangkan dan mendeskripsikan perasaan serta motivasi komunitas yang berbeda dengan dirinya yang berada dalam situasi yang sulit. |
Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan | Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan Merefleksikan secara kritis gambaran berbagai kelompok budaya yang ditemui dan cara meresponnya. Menghilangkan stereotip dan prasangka Mengkonfirmasi, mengklarifikasi dan menunjukkan sikapmenolak stereotip serta prasangka tentang gambaran identitas kelompok dan suku bangsa. Menyelaraskan perbedaan budaya Mengidentifikasi dan menyampaikan isu-isu tentang penghargaan terhadap keragaman dan kesetaraan budaya. |
Berkeadilan sosial | Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan Mengidentifikasi masalah yang ada di sekitarnya sebagai akibat dari pilihan yang dilakukan oleh manusia, serta dampak masalah tersebut terhadap sistem ekonomi, sosial dan lingkungan, serta mencari solusi yang memperhatikan prinsip-prinsip keadilan terhadap manusia, alam dan masyarakat Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama Berpartisipasi dalam menentukan kriteria dan metode yang disepakati bersama untuk menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama melalui proses bertukar pikiran secara cermat dan terbuka dengan panduan pendidik Memahami peran individu dalam demokrasi Memahami konsep hak dan kewajiban serta implikasinya terhadap ekspresi dan perilakunya. Mulai aktif mengambil sikap dan langkah untuk melindungi hak orang/kelompok lain. |
Dimensi Bergotong-Royong
Elemen | Karakteristik |
Kolaborasi | Kerja sama Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama. Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama Memahami informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang diungkapkan oleh orang lain menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hubungan interpersonal guna mencapai tujuan bersama. Saling-ketergantungan positif Mendemonstrasikan kegiatan kelompok yang menunjukkan bahwa anggota kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing perlu dan dapat saling membantu memenuhi kebutuhan. Koordinasi Sosial Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama. |
Kepedulian | Tanggap terhadap lingkungan Sosial Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Persepsi sosial Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang lain menampilkan respon yang diharapkan. |
Berbagi | Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal |
Dimensi Mandiri
Elemen | Karakteristik |
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi | Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi Membuat penilaian yang realistis terhadap kemampuan dan minat , serta prioritas pengembangan diri berdasarkan pengalaman belajar dan aktivitas lain yang dilakukannya. Mengembangkan refleksi diri Memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi tantangan pribadi dan akademik yang akan muncul berlandaskan pada pengalamannya untuk mempertimbangkan strategi belajar yang sesuai. |
Regulasi diri | Regulasi emosi Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain. Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya Merancang strategi yang sesuai untuk menunjang pencapaian tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan dirinya, serta situasi yang dihadapi. Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri Mengkritisi efektivitas dirinya dalam bekerja secara mandiri dengan mengidentifikasi hal-hal yang menunjang maupun menghambat dalam mencapai tujuan. Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri Berkomitmen dan menjaga konsistensi pencapaian tujuan yang telah direncanakannya untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan diri yang diharapkannya Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif Membuat rencana baru dengan mengadaptasi, dan memodifikasi strategi yang sudah dibuat ketika upaya sebelumnya tidak berhasil, serta menjalankan kembali tugasnya dengan keyakinan baru. |
Dimensi Bernalar Kritis
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut. Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu. |
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya | Membuktikan penalaran dengan berbagai argumen dalam mengambil suatu simpulan atau keputusan. |
Refleksi pemikiran dan proses berfikir | Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri Menjelaskan asumsi yang digunakan, menyadari kecenderungan dan konsekuensi bias pada pemikirannya, serta berusaha mempertimbangkan perspektif yang berbeda. |
Dimensi Kreatif
Elemen | Karakteristik |
Menghasilkan gagasan yang orisinal | Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya. |
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal | Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain |
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan | Menghasilkan solusi alternatif dengan mengadaptasi berbagai gagasan dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan |
Fase E (Kelas 10)
Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Akhlak Beragama | Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa Menerapkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dalam ritual ibadahnya baik ibadah yang bersifat personal maupun sosial. Pemahaman Agama/ Kepercayaan Memahami struktur organisasi, unsur-unsur utama agama /kepercayaan dalam konteks Indonesia, memahami kontribusi agama/kepercayaan terhadap peradaban dunia. Pelaksanaan Ritual Ibadah Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri serta menyadari arti penting ibadah tersebut dan berpartisipasi aktif pada kegiatan keagamaan atau kepercayaan |
Akhlak Pribadi | Integritas Menyadari bahwa aturan agama dan sosial merupakan aturan yang baik dan menjadi bagian dari diri sehingga bisa menerapkannya secara bijak dan kontekstual Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual Melakukan aktivitas fisik, sosial, dan ibadah secara seimbang. |
Akhlak Kepada Manusia | Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan Mengidentifikasi hal yang menjadi permasalahan bersama, memberikan alternatif solusi untuk menjembatani perbedaan dengan mengutamakan kemanusiaan. Berempati kepada orang lain Memahami dan menghargai perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain. |
Akhlak kepada Alam | Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi Mengidentifikasi masalah lingkungan hidup di tempat ia tinggal dan melakukan langkah-langkah konkrit yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan dan menjaga keharmonisan ekosistem yang ada di lingkungannya. Menjaga Lingkungan Alam Sekitar Mewujudkan rasa syukur dengan membangun kesadaran peduli lingkungan alam dengan menciptakan dan mengimplementasikan solusi dari permasalahan lingkungan yang ada. |
Akhlak Bernegara | Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia Memperoleh hak dan melaksanakan kewajiban kewarganegaraan dan terbiasa mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai wujud dari keimanannya kepada Tuhan YME. |
Dimensi Berkebinekaan Global
Elemen | Karakteristik |
Mengenal dan menghargai budaya | Mendalami budaya dan identitas budaya Menganalisis pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas, termasuk identitas dirinya. Mulai menginternalisasi identitas diri sebagai bagian dari budaya bangsa. Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya Menganalisis dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam rentang waktu yang panjang dan konteks yang luas. Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya Memahami pentingnya saling menghormati dalam mempromosikan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung serta menunjukkannya dalam perilaku. |
Komunikasi dan interaksi antar budaya | Berkomunikasi antar budaya Menganalisis hubungan antara bahasa, pikiran, dan konteks untuk memahami dan meningkatkan komunikasi antar budaya yang berbeda-beda. Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif Menyajikan pandangan yang seimbang mengenai permasalahan yang dapat menimbulkan pertentangan pendapat. Memperlakukan orang lain dan budaya yang berbeda darinya dalam posisi setara dengan diri dan budayanya, serta bersedia memberikan pertolongan ketika orang lain berada dalam situasi sulit. |
Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan | Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan Merefleksikan secara kritis dampak dari pengalaman hidup di lingkungan yang beragam terkait dengan perilaku, kepercayaan serta tindakannya terhadap orang lain. Menghilangkan stereotip dan prasangka Mengkritik dan menolak stereotip serta prasangka tentang gambaran identitas kelompok dan suku bangsa serta berinisiatif mengajak orang lain untuk menolak stereotip dan prasangka. Menyelaraskan perbedaan budaya Mengetahui tantangan dan keuntungan hidup dalam lingkungan dengan budaya yang beragam, serta memahami pentingnya kerukunan antar budaya dalam kehidupan bersama yang harmonis. |
Berkeadilan sosial | Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan Berinisiatif melakukan suatu tindakan berdasarkan identifikasi masalah untuk mempromosikan keadilan, keamanan ekonomi, menopang ekologi dan demokrasi sambil menghindari kerugian jangka panjang terhadap manusia, alam ataupun masyarakat. Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama Berpartisipasi menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama melalui proses bertukar pikiran secara cermat dan terbuka secara mandiri Memahami peran individu dalam demokrasi Memahami konsep hak dan kewajiban, serta implikasinya terhadap ekspresi dan perilakunya. Mulai mencari solusi untuk dilema terkait konsep hak dan kewajibannya. |
Dimensi Bergotong-Royong
Elemen | Karakteristik |
Kolaborasi | Kerja sama Membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama Aktif menyimak untuk memahami dan menganalisis informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk menyelesaikan masalah guna mencapai berbagai tujuan bersama. Saling-ketergantungan positif Menyelaraskan kapasitas kelompok agar para anggota kelompok dapat saling membantu satu sama lain memenuhi kebutuhan mereka baik secara individual maupun kolektif. Koordinasi Sosial Menyelaraskan dan menjaga tindakan diri dan anggota kelompok agar sesuai antara satu dengan lainnya serta menerima konsekuensi tindakannya dalam rangka mencapai tujuan bersama. |
Kepedulian | Tanggap terhadap lingkungan Sosial Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk menghasilkan keadaan yang lebih baik. Persepsi sosial Melakukan tindakan yang tepat agar orang lain merespon sesuai dengan yang diharapkan dalam rangka penyelesaian pekerjaan dan pencapaian tujuan. |
Berbagi | Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat yang lebih luas (negara, dunia). |
Dimensi Mandiri
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi | Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi Mengidentifikasi kekuatan dan tantangan-tantangan yang akan dihadapi pada konteks pembelajaran, sosial dan pekerjaan yang akan dipilihnya di masa depan. Mengembangkan refleksi diri Melakukan refleksi terhadap umpan balik dari teman, guru, dan orang dewasa lainnya, serta informasi-informasi karir yang akan dipilihnya untuk menganalisis karakteristik dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menunjang atau menghambat karirnya di masa depan. |
Regulasi diri | Regulasi emosi Mengendalikan dan menyesuaikan emosi yang dirasakannya secara tepat ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan pada konteks belajar, relasi, dan pekerjaan. Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya Mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran digunakannya, serta menetapkan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri secara spesifik dan merancang strategi yang sesuai untuk menghadapi tantangan-tantangan yang akan dihadapi pada konteks pembelajaran, sosial dan pekerjaan yang akan dipilihnya di masa depan. Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri Menentukan prioritas pribadi, berinisiatif mencari dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik sesuai tujuan di masa depan. Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri Melakukan tindakan-tindakan secara konsisten guna mencapai tujuan karir dan pengembangan dirinya di masa depan, serta berusaha mencari dan melakukan alternatif tindakan lain yang dapat dilakukan ketika menemui hambatan. Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif Menyesuaikan dan mulai menjalankan rencana dan strategi pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan minat dan tuntutan pada konteks belajar maupun pekerjaan yang akan dijalaninya di masa depan, serta berusaha untuk mengatasi tantangan-tantangan yang ditemui. |
Dimensi Bernalar Kritis
Elemen | Karakteristik |
Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk menganalisis secara kritis permasalahan yang kompleks dan abstrak. Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Secara kritis mengklarifikasi serta menganalisis gagasan dan informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber. Memprioritaskan suatu gagasan yang paling relevan dari hasil klarifikasi dan analisis. |
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya | Menganalisis dan mengevaluasi penalaran yang digunakannya dalam menemukan dan mencari solusi serta mengambil keputusan. |
Refleksi pemikiran dan proses berfikir | Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri Menjelaskan alasan untuk mendukung pemikirannya dan memikirkan pandangan yang mungkin berlawanan dengan pemikirannya dan mengubah pemikirannya jika diperlukan. |
Dimensi Kreatif
Profil pelajar pancasila pada dimensi ini adalah:
Elemen | Karakteristik |
Menghasilkan gagasan yang orisinal | Menghasilkan gagasan yang beragam untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya, menilai gagasannya, serta memikirkan segala risikonya dengan mempertimbangkan banyak perspektif seperti etika dan nilai kemanusiaan ketika gagasannya direalisasikan. |
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal | Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampak dan risikonya bagi diri dan lingkungannya dengan menggunakan berbagai perspektif. |
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan | Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi. |
Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan sebagai berikut.
1. Gaya Hidup Berkelanjutan
Peserta didik memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. Peserta didik juga membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya. Tema ini ditujukan untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat.
2. Kearifan Lokal
Peserta didik membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya. Peserta didik mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat lokal/ daerah berkembang seperti yang ada, konsep dan nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal, serta merefleksikan nilai-nilai apa yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka. Tema ini ditujukan untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat.
3. Bhinneka Tunggal Ika.
Peserta didik mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan anti kekerasan, belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya. Peserta didik juga mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan, secara kritis dan reflektif menelaah berbagai stereotip negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan. Tema ini ditujukan untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat.
4. Bangunlah Jiwa dan Raganya
Peserta didik membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya. Peserta didik melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri (wellbeing), perundungan (bullying), serta berupaya mencari jalan keluarnya. Mereka juga menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi. Tema ini ditujukan untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat.
5. Suara Demokrasi
Peserta didik menggunakan kemampuan berpikir sistem, menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila. Melalui pembelajaran ini peserta didik merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi sekolah dan/atau dalam dunia kerja. Tema ini ditujukan untuk jenjang SMP, SMA, SMK dan sederajat.
6. Rekayasa dan Teknologi
Peserta didik melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Peserta didik dapat membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi. Tema ini ditujukan untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat
7. Kewirausahaan.
Peserta didik mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan ini, kreativitas dan budaya kewirausahaan akan ditumbuhkembangkan. Peserta didik juga membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta siap untuk menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas. Tema ini ditujukan untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan sederajat. Karena jenjang SMK/MAK sudah memiliki mata pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan, maka tema ini tidak menjadi pilihan untuk jenjang SMK.
8. Kebekerjaan
Peserta didik menghubungkan berbagai pengetahuan yang telah dipahami dengan pengalaman nyata di keseharian dan dunia kerja. Peserta didik membangun pemahaman terhadap ketenagakerjaan, peluang kerja, serta kesiapan kerja untuk meningkatkan kapabilitas yang sesuai dengan keahliannya, mengacu pada kebutuhan dunia kerja terkini. Dalam projeknya, peserta didik juga akan mengasah kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan standar yang dibutuhkan di dunia kerja. Tema ini ditujukan sebagai tema wajib khusus jenjang SMK/MAK.
Jumlah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Dalam 1 (satu) tahun ajaran, projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan sekurang-kurangnya
- 2 (dua) projek dengan 2 (dua) tema berbeda di SD/MI,
- 3 (tiga) projek dengan 3 (tiga) tema berbeda di SMP/MTs dan SMA/MA kelas X,
- 2 (dua) projek dengan 2 (dua) tema berbeda di kelas XI dan XII SMA/MA,
- 3 (tiga) projek dengan 2 (dua) tema pilihan dan 1 (satu) tema Kebekerjaan di kelas X, 2 (dua) projek dengan 1 (satu) tema pilihan dan 1 (satu) tema Kebekerjaan di kelas XI, dan 1 (satu) projek dengan tema Kebekerjaan di kelas XII SMK/MAK. Kelas XIII pada SMK program 4 (empat) tahun tidak mengambil projek penguatan profil pelajar Pancasila. Untuk SMK/MAK, projek penguatan profil pelajar Pancasila dapat dilaksanakan secara terpadu berkolaborasi dengan mitra dunia kerja, atau dengan komunitas/organisasi serta masyarakat.
Belum ada Komentar untuk "Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka"
Posting Komentar