Struktur Kurikulum Merdeka SMA
Pembaharuan pembelajaran bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang sudah dimulai pada kurikulum-kurikulum sebelumnya.
Karena itu, pembelajaran paradigma baru pun disertai dengan penyesuaian kurikulum ke Kurikulum Merdeka. Struktur kurikulum ini didasari tiga hal yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel dan karakter Pancasila.
Selain itu, struktur kurikulum berbasis konteks satuan pendidikan pun kembali dikuatkan. Beberapa prinsip dalam pengembangan struktur Kurikulum Merdeka:
Struktur Minimum
Struktur kurikulum minimum ditetapkan tapi satuan pendidikan bisa mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai visi misi dan juga sumber daya yang tersedia.
Otonomi
Kurikulum memberi kemerdekaan pada satuan pendidikan dan pendidik untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual.
Sederhana
Perubahan yang terjadi adalah seminimal mungkin dengan beberapa aspek yang berubah secara signifikan dari kurikulum sebelumnya. Tapi, tujuan, arah perubahan, dan rancangannya jelas dan mudah dipahami sekolah dan pemangku kepentingan.
Gotong Royong
Pengembangan kurikulum dan bahan ajar adalah hasil kolaborasi puluhan institusi, di antaranya Kementerian Agama, universitas, sekolah dan lembaga pendidikan lainnya.
Struktur Per Jenjang
Pembelajaran diatur berdasarkan jenjang, seperti yang sudah diterapkan pada Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan.
Beberapa Perubahan Struktur Kurikulum Merdeka SMA Kelas 10
Pada kurikulum 2013:
- Siswa langsung masuk dalam program peminatan (IPA, IPS, atau Bahasa & Budaya)
- Tidak ada mata pelajaran IPA dan IPS. Mata pelajaran langsung spesifik pada Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, dsb.
Pada kurikulum merdeka SMA:
- Belum ada peminatan, siswa mengambil semua mata pelajaran wajib
- Di kelas 10 siswa menyiapkan diri untuk menentukan pilihan mata pelajaran di kelas 11. Siswa perlu berkonsultasi dengan guru BK, wali kelas, dan orang tua.
- Mata pelajaran kelompok IPA dan IPS terdiri dari:
- IPA: Fisika, Kimia, Biologi (6JP)/minggu
- IPS: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi (8JP/minggu)
- Sekolah dapat menentukan pengorganisasian IPA dan IPS berdasarkan sumberdaya yang tersedia, yaitu dengan memilih:
- Sistem blok - team teaching dalam perencanaan namun guru Fisika, Kimia, Biologi mengajar bergantian
- Sebagai mata pelajaran berdiri sendiri-sendiri
- Terintegrasi - team teaching dalam perencanaan dan pembelajaran
- Setiap tengah dan akhir semester ada unit inkuiri yang mengintegrasikan mapel-mapel dalam masing-masing IPA dan IPS
- Siswa menulis esai sebagai salah satu syarat kelulusan. Partisipasi dalam berbagai kegiatan pembelajaran diharapkan memberi inspirasi terkait topik yang dipilih.
- Seperti halnya di SMP, di kelas 10 SMA:
- IPA terdiri dari Fisika, Kimia, dan Biologi;
- IPS terdiri dari Sosiologi, Ekonomi,Sejarah, dan Geografi. Sejarah Indonesia dan Sejarah Dunia digabung menjadi “Sejarah”
- Minimal 25% jam pelajaran dari setiap mata pelajaran wajib dialokasikan untuk projek kokurikuler
Beberapa Perubahan Struktur Kurikulum Merdeka SMA Kelas 11 dan 12
Pada Kurikulum 2013: Pilihan program peminatan (sejak kelas 10)
- Siswa yang masuk ke dalam suatu program cenderung hanya akan mempelajari disiplin ilmu tersebut saja. Kesempatan untuk eksplorasi disiplin ilmu yang lain semakin sempit.
- Siswa perlu mengambil keputusan tentang studi di perguruan tinggi sejak lulus SMP, dan kajian menunjukkan bahwa banyak diantara mereka yang merasa salah jurusan
- Terjadi stratifikasi program, di mana IPA dianggap lebih baik daripada yang lain, dan kesempatan untuk masuk ke berbagai program studi di perguruan tinggi lebih besar untuk lulusan program IPA
- Angka siswa masuk perguruan tinggi masih rendah
Pada Kurikulum Merdeka SMA: Siswa memilih mata pelajaran dari kelompok pilihan
- Siswa memilih mata pelajaran dari minimum 2 kelompok pilihan hingga syarat minimum jam pelajaran terpenuhi (total JP: 40/minggu; JP untuk mapel pilihan: 22 JP/minggu)
- Ada 5 kelompok mata pelajaran yang direkomendasikan, yaitu:
- MIPA: Matematika peminatan, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika
- IPS: Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Antropologi
- Bahasa dan Budaya: Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa Asing lainnya
- Vokasi/Karya Kreatif: Budidaya, Rekayasa, dsb.
- Seni dan Olahraga* (khusus untuk sekolah-sekolah yang ditetapkan pemerintah)
- Sekolah membuka minimum 2 kelompok mata pelajaran. Apabila sumberdaya memungkinkan, sekolah dapat membuka lebih dari dua kelompok
- Sekolah dapat bekerja sama dengan pemangku kepentingan setempat untuk mengembangkan CP mata pelajaran Vokasi
Berikut kami tampilkan struktur kurikulum merdeka untuk jenjang pendidikan SMA:
Unduh Struktur Kurikulum Merdeka SMA melalui link berikut ini (klik di sini).
Belum ada Komentar untuk "Struktur Kurikulum Merdeka SMA"
Posting Komentar